Powered By Blogger

Senin, 01 Agustus 2011

PENGERTIAN, PERANAN, DAN DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI


PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI

Manusia adalah makhkuk sosial, disamping sandang, pangan ,papan sebagai  kebutuhan utamanya, maka sebagai makhluk sosial manusia butuh berkomunikasi diantara sesamanya. Maka mulailah manusia mencari dan menciptakan sistem dan alat untuk saling berhubungan tersebut, mulai dari melukis bentuk (menggambar) di dinding gua, isyarat bunyi,isyarat asap, isyarat tangan, huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, sampai dengan telepon dan internet.
 

Alat dan sistem komunikasi yang diciptakan manusia untuk saling berhubungan satu dengan yang lain kemudian dikenal dengan nama Teknologi Informasi atau yang lebih dikenal dengan istilah “IT” (singkatan dari Informatiooon Technology).


PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI
*      Secara garis besar peranan Teknologi Informasi adalah:
1.      Menggantikan peran manusia
2.      Memperkuat peran manusia
3.      Restrukturisasi

*      Peran Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
*      Bidang Ekonomi
Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi,distribusi,dan komsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam masyarakat atau Ekonomi Informasi.
Selain itu dapat meningkatkan kualitas managemen perusahaan sehingga produktifitas meningkat.
*      Bidang Pendidikan
Dalam dunia pendidikan teknologi Informasi dapat merubah pendidikan tatap muka yang konvensional kearah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995).
Kecenderungan dunia pendidikan Indonesia dimasa mendatang adalah:
1.      Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
2.      Laboratorium lebih berfungsi sebagai sumber informasi dari pada sekedar rak buku.
3.      Penggunaan perangkat teknologi informasi CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan televisi dan video.
4.      Bentuk-bentuk materi pelajaran dapat disimpan kedalam web dan CD room, Flashdisk, dan materi guru di buat dalam bentuk presentasi sehingga para siswa dapat men-download/men-copy.
5.  Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses komputerisasi.Contoh: nomor induk siswa,nilai siswa,koreksi ujian,pembagian kelas,ranking,dll.
6.      Perpustakaan digital yang terdapat berbagai informasi kepustakaan seperti suara,gambar dan sebagainya.
*      Bidang Pemerintahan
Dalam bidang pemerintahan (egovernment) mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan internet yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa nmerupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistemm otomasi dan jaringan internet. Pada intinya Egovernment adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintahm dan pihak-pihak lain.
Manfaat Egovernment yang dapat dimanfaatkan masyarakat antara lain:
1.      Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat.
2.      Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum.
3.      Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.
4.      Pelaksanaan pemerintah yang lebih efisien.
*      Bidang Perbankkan
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankkan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal dan dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada sistem online. Sehingga pelanggan bank/nasabah dapat mengambil uangnya dimanapun dia berada menggunakan kartu ATM.
*      Bidang IPTEK 
Program pengembangan sistem teknologi dan informasi dibidang IPTEK dimaksudkan untuk mengembangkan sistem informasi yang diperlukan untuk meningkatkan masuknya informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi didunia internasional yaitu :
1.   \  Memperlancar pertukaran dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Meningkatkan sistem perencanaan, pengelolaan, pemantauan kegiatan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
*      Bidang Komunikasi
1.      Peran radio dan televisi
Keberadaan radio dan televisi komunitas ikut berpartisipasi dalam penyampaian informasi dan hiburan yang dibutuhkan komunitasnya, baik menyangkut aspirasi warga masyarakat maupun program-program yang dilakukan oleh pemerintah. Jadi selain sebagai hiburan, juga dapat menciptakan tata pemerintahan yang baik.
2.      Peran komputer, telephone, dan Internet
Komputer yang semula dirancang untuk menghitung dan menulis, dalam perkembangan berikutnya ternyata dapat menembus berbagai aspek kehidupan manusia , serta dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Hampir semua informasi dapat ditangani dan diproses oleh komputer.
Teknologi Chip dapat mengoperasikan suatu pesawat telepon seluler dan komputer juga dapat mengoperasikan kamera digital terbaru.Satu chip dapat mengatur milyaran data yang mengalir lewat jaringan telepon setiap detiknya.
Teknologi yang menghungkan jaringan raksasa komputer yang memungkinkan orang sedunia saling berkomunikasi dengan cepat adalah internet.
Jadi di bidang komunikasi, Tekno;ogi Informasi dapat mempercepat akses informasi baik sebagai pengirim maupun penerima informasi baik berupa suara(audio), data, gambar diam(photo), gambar bergerak(video), maupun informasi bentuk lain.
DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI
*      Dampak Positif

·       Manfaat utama dari perkembangan sistem informasi bagi manusia diantaranya:
ü  Sarana dalam penghematan waktu (time saving).
ü      Penghematan biaya (cost saving).
ü       Peningkatan efektivitas (effektiveness).
üPengembangan teknologi (technology development).
ü     Pengembangan personil akuntansi (accounting staff development).

·    Dengan masuknya pengaruh globalisasi Teknologi Informasi, dunia pendidikan masa mendatang akan lebih terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja.
·         Dibidang ekonomi dapat meningkatkan kualitas managemen perusahan sehingga produktifitas meningkat.
·      Dibidang perbankkan pelanggan bank/nasabah dapat mengambil uangnya dimanapun dia berada menggunakan kartu ATM serta dapat mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lain secara cepat.
·     Para seniman atau designer dapat memanfaatkan komputer karena gambar dapat diubah atau disajikan dalam bentuk digit.
·         Para musisi juga telah mendapatkan cara dalam memanfaatkan komputer, baik untuk menulis, merekam maupun memainkan musik yang telah dikode secara digit.
·         Bagi para siswa akan melatih belajar secara mandiri dan mereka mempunyai bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk bisa menerapkan dan menggunakannya dalam kegiatan belajar, bekerja serta berbagai aspek kehidupan sehari-hari.
·         Keuntungan internet:
a) Untuk mengakses informasi multimedia dalam resource internet.
b) Sarana telekomunilasi dan distribusi informasi.
c) Untuk membuat home page, penyebarluasan info.
*      Dampak negatif
1. Terjadinya penyadapan email; bembajakan berbagai merk,lagu,film,identitas,dan lainnya; serta merebaknya pornografi.
2.    Kecanduan akan game.
3. Banyak informasi buruk, materi bermuatan seks, dan kekerasan yang ada diinternet yang dapat mempengaruhi psikologis anak kecil.
4. Banyak munculnya cybercrime yang dapat meresahkan masyarakat.
5. Pencurian dana kartu kredit melalui pembelanjaan di internet.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar