Powered By Blogger

Jumat, 29 Juli 2011

PENGERTIAN KOMPUTER DAN KOMPONEN-KOMPONENYA


*   PENGERTIAN KOMPUTER
    Istilah komputer berasal dari bahasa Latin “computtare” dan dari bahasa Inggris “to compute” yang artinya menghitung. Istilah komputer sekarang ini diartikan sebagai seperangkat alat pengolah data elektronik yang bekerja secara otomatis dan dikendalikan oleh sekumpulan intruksi-intruksi yang  berupa program. Prinsip kerja komputer pada dasarnya: ”Dalam mengolah data, komputer memerlukan bahan(input) baik berupa data yang akan diolah maupun perintah-perintah bentuk pengolahan.
     Agar dapat diproses, semua perangkat komputerr harus dirangkai dalam suatu system yang terdiri atas berbagai komponen, yaitu:
  • ·         Alat input
Alat input( input device ) berfunngsi untuk memasukkan data yang akan diproses ke dalam komputer. Contoh: Keyboard,mouse,scanner.
  • ·         Alat proses
Alat proses adalah bagian utama komputer. Gunanya adalah untuk memproses data yang akan menjadi informasi dan biasanya disebut dengan CPU.
  • ·         Alat output
Alat ini berfungsi untuk menampilkan informasi yang dihasilkan pada pengolah data. Contoh:  monitor,printer,speaker.

*   KOMPONEN KOMPUTER
Komponen dasar komputer terdiri dari:
  1.  Hardware (perangkat keras)
  2. Software (perangkat lunak)
  3. Brainware (perangkat otak/user,operator,administrator)
Ø  HARDWARE
Brainware adalah perangkat komputer yang secara fisik dapat dilahat. Perangkat keras komputer terdiri dari perangkat input(pemasukkan data), perangkat proses(memproses data), perangkat output.


Ø  SOFTWARE
Software adalah suatu progam komputer yang berisi intruksi-intruksi (perintah) yang ditulis dalam bahasa komputer agar dimengerti oleh hardware komputer. Software dapat kita lihat tetapi tidak bisa dipegang atau diraba.Software terdiri dari 6 kelompok utama, yaitu:
·         Operating System
Bertugas mengatur kerja komputer secara mendasar seperti seperti mengatur; media masukan, proses ekluaran,table pengkodean, memori, dan penjadwalan prosessor. Contoh: MD-DOS,PC-DOS, UNIX Operating System, XENIX, WINDOWS, LINUX.
·         Utylity
Elemen yang bertugas mengerjakan pekerjaan monitor dalam pengoperasian mesin seperti mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikat disk/file, memperbaiki bagian disk/file yang rusak, menguji kebenaran komputer. Contoh: Norton Utylity, PC Tools.
·         Language
Language adalah bahasa, sebagai pengatur komunikasi antara komponen dengan peralatanya, antar komputer atau antar komputer dengan manusia.Contoh: BASIC,COBOL,PROLOG,C.LANGUAGE.
·         Progam Package
Elemen ini bertujuan menyediakan berbagai fungsi siap pakai.
·         Operator
Bertugas memasukkan data, menyimpan dan mengeluarkan data sehingga menjadi informasi yang berguna.Contoh:                        
1.        Perangakat lunak pengolah kata
Contoh: Lotus word Pro, Corel Word Perfect, Star Office Writer, Open Office Writer, Microsoft Word(salah satu produk yang dikeluarkan oleh Microsot Corp yang merupakan perusahan perangkat lunak terbesar didunia dan paling banyak digunakan).
2.        Perangkat lunak pengolah angka
Contoh: Open Office Calc, Kspread, GNOME Office-GNNumeric, Star office Calc, abacus, Lotus 1-2-3,XESS, Microsoft Exel(dikeluarkan oleh perangkat luanak Microsoft Corp dan paling banyak digunakan).
3.        Perangkat lunak presantasi
Contoh: Open Office Impress, Star Office Impress, Microsoft Power Point(dikeluarkan oleh perusahan perangkat lunak dan paling banyak digunakan).
4.         Perangkat Lunak Pengolah Grafis
Contoh:  Aplikasi pengolah tata letak/layout(Adobe Frame Maker, Adobe In Desidn, Microsoft Publisher,dll) ,Aplikasi pengolah pixel/gambar(Adobe Pothoshop, Microsoft Photo Editor, QFX,dll) , Aplikasi pengolah film/video(Adobe After Effect, Power  Director,Nero ultra Edition,dll) ,Aplikasi pengolah multimedia(makromedia, Ezedia, Hyper Studio,dll)
·         Program Aplikasi
Elemen software ini menyediakan system aplikasi yang siap pakai dalam aplikasi tertentu.Contoh:Prinshop, Print Master.


Ø  BRAINWARE
Brainware adalah pemakai komputeritu sendiri, pengendali(user). Brainware dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1. Syestem Analisis         :adalah  suatu jabatan yang menangani tugas menganalisis,membentuk,merancang,membuat prosedure.
2.       Programer                  :adalah suatu jabatan yang tugasnya menyusun intruksi suatu program  aplikasi tertentu.
3.       Operator                     :adalah suatu jabatan yang tugasnya memasukkan data, menyimpan, dan mengeluarkan data sehingga data siap dipakai.
4.       Thechnical Suport       :bertugas mengendalikan dan memelihara software yang telah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar