Powered By Blogger

Jumat, 05 Agustus 2011

PERANGKAT-PERANGKAT KOMPUTER


Komputer mempunyai peranan yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Dalam hal ini komputer dapat mengolah, menyimpan, dan menyajikan data. Kemajuan teknologi komputer berpengaruh terhadap kemajuan teknologi informasi.

Perangkat komputer terdiri dari:
1.      Perangkat keras (hardware)               :Perangkat keras merupakan perngkat komputer yang secara fisik dapat terlihat.
2.      Perangkat lunak (software)                :Perangkat lunah adalah perangkat pernagkat yang berupa program-program yang terdapat dalam sebuah komputer.
3.      Perangkat otak/user (brainware)       :Brainware adalah pemakai komputer itu sendiri, pengendali(user).
Selain itu, ada satu lagi yaitu perangkat jaringan dan internet

PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER
Perangkat keras komputer terdiri dari perangkat input (pemasukkan data), perangkat proses (memproses data), dan perangkat output serta media penyimpan data dan memori.
*      Perangkat input
Ø  Keyboard
Keyboard adalah seperangkat tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing tombol mempunyai fungsi tertentu. Tombol keyboard tersebut mempunyai bentuk sedemikian rupa sehingga pengguna merasa nyaman dalam menggunakan.
Ø  Mouse
Disebut mouse karena menyerupai seekor tikus yang ekornya berupa kabel. Mouse bternasuk aalt input karena digunakan untuk memasukkan data. Saat memakai mouse di layar monitor muncul tanda panah yang disebut pointer, gunanya untuk memasukkan data. Panah tersebut bergerak sesuai gerakan mouse.
Fungsi tombol mouse adalah:
·         Tombol kiri                              :Berfungsi untuk menjalankan perintah maupun men-drag artinya menangkap kemudian menggeser/menarik sebuah obyek.
·         Tombol kanan                         :Berfungsi menampilkan menu pop-up. Fungsi clic yang kita lakukan sangat tergantung dariprogram aplikasi yang sedang digunakan.
·         Tombol tengah (scroll)           :Berfungsi menggeser layar secara vertikal.
Ø  Touchpad, Pointing Stick, dan Trackball
Peralatan input ini mempunyai fungsi yang sama dengan mouse. Peralatan tersebut digunakan sebagai mouse di laptop atau notebook.
Ø  Scanner
Scanner digunakan untuk memindahkan foto,gambar dan teks yang sudah dicetak. Hasil sebuah scaning tersebut, kita akan mendapatkan sebuah file gambar atau teks, kemudian file teks dapat diedit dengan bantuan Omni Pegas menjadi sebuah file dokumen.
Ø  Joystic
Joystic adalah peralatan yang digunakan menjalankan program game di komputer.
*      Perangkat Proses, Media Penyimpan Data dan Memori
Ø  Central Processing Unit (CPU)
Didalam CPU terdapat otak dari komputer yang sering disebut microprocessor atau processor. Processor merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer, sehingga kinerja komputer sangat tergantung kepada kinerja dari CPUnya.
Kecepatan kinerja CPU diukur dengan satuan hertz.
Berdasarkan fungsi operasional, CPU mempunyai 2 bagian yaitu:
1.      Arithmetical Logical Unit (ALU) berfungsi sebagal pusat pengolahan data, seperti perhitungan matematika.
2.      Conyrol Unit (CU) berfungsi menogntrol kerja komputer (mengatur urusan proses-proses yang dilakukan komputer).
Ø  Media Penyimpan Data
Beberapa macam media penyimpan data diantaranya:
1.      Disket
Disket mempunyai daya simpan data yang berkapasitas 1,44 MB dengan ukuran 3,5 inch. Disket tebuat dari film magnetis.
2.      Harddisk
Harddisk selain menyimpan data juga dapat digunakan untuk menyimpan system. Ukuran kapasitasnya bermacam-macam antara lain: 1,2 ; 2,1 ; 4, 2 ; 6,5 ; 10 ; 20 ; 40 yang semuanya berukuran giga. Alat ini berbasis magnetis.
3.      CD (Piringan Optik)
Piringan Optik adalah piringan yang dapat menampung data hingga ratusan bahkan ribuan kali dibandingkan dengan disket. Kepingan ini dapat dibaca dengan alat optik. Contohnya : CD-room dan CD RW.
4.      Flashdisk
Flashdisk merupakan media penyimapan yang berkapasitas lebih dari 100 kali disket. Ukurannya bermacam-macam antara lain : 128 MB, 256 MB, 1 G dan sebagainya.
Ø  Memori
Memori merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan informasi sebelum atau sesudah diprosesoleh processor. Informasi dapat berupa perintah atau data.
Memori dibagi menjadi 2 bagian yaitu:
1.      Random Acces Memory (RAM)
RAM merupakan memori internal yang berfungsi menyimpan data sementara, pada saat sebuah program dijalankan. Satuan ukuran kemampuan memori disebut Byte.
2.      Read Only Memory (ROM)
ROM merupakan memori eksternal yang berfungsi menyimpan perintah dan data secara tetap. Komputer tidak dapat merubah data di ROM Contohnya program data yang diisikan oleh pabrik komputer pada saat komputer tersebut dibuat.
*      Perangkat Output
Ø  Monitor
Monitor digunakan untuk menampilkna data baik berupa gambar ataupun tulisan hasil kerja komputer/CPU. Monitor ada bermacam-macam jenis dan ukuran seperti televisi. Contohnya :
·         CRT (Cathode Rays Tube ), dan
·         LCD ( Liquid Cristal Display).
Ø  Printer
Setelah data dimasukkan kedalam komputer, hasilnya dapat dilihat dealam layar monitor. Untuk mencetak data yang ada di layar menggunakan alat yang disebut printer.
Dipasaran ada 3 jenis printer, yaitu:
1.      Dot matrik ( menggunakan pita )
2.      Inkjet ( menggunakan tinta )
3.      Laser ( menggunakan tinta serbuk )
Ø  Speaker
Speaker merupakan salah satu peralatan komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari CPU. Jenis lain dari speaker adalah headset atau aerphone. Bedanya suara dari headset bisa didengar oleh orang yang menggunakan.

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Perangkat lunak komputer adalah suatu progam komputer yang berisi intruksi-intruksi (perintah) yang ditulis dalam bahasa komputer agar dimengerti oleh hardware komputer. Software dapat kita lihat tetapi tidak bisa dipegang atau diraba.
Software terdiri dari 6 kelompok utama, yaitu:
1.      Operating System
Bertugas mengatur kerja komputer secara mendasar seperti seperti mengatur; media masukan, proses ekluaran,table pengkodean, memori, dan penjadwalan prosessor. Contoh: MD-DOS,PC-DOS, UNIX Operating System, XENIX, WINDOWS, LINUX.
2.      Utylity
Elemen yang bertugas mengerjakan pekerjaan monitor dalam pengoperasian mesin seperti mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikat disk/file, memperbaiki bagian disk/file yang rusak, menguji kebenaran komputer. Contoh: Norton Utylity, PC Tools.
3.      Language
Language adalah bahasa, sebagai pengatur komunikasi antara komponen dengan peralatanya, antar komputer atau antar komputer dengan manusia.Contoh: BASIC,COBOL,PROLOG,C.LANGUAGE.
4.      Progam Package
Elemen ini bertujuan menyediakan berbagai fungsi siap pakai.
5.      Operator
Bertugas memasukkan data, menyimpan dan mengeluarkan data sehingga menjadi informasi yang berguna. Contoh:                        
1.        Perangakat lunak pengolah kata (Word Processor)
Contoh: Lotus word Pro, Corel Word Perfect, Star Office Writer, Open Office Writer, Microsoft Word(salah satu produk yang dikeluarkan oleh Microsot Corp yang merupakan perusahan perangkat lunak terbesar didunia dan paling banyak digunakan).
2.        Perangkat lunak pengolah angka (Spread Sheet)
Contoh: Open Office Calc, Kspread, GNOME Office-GNNumeric, Star office Calc, abacus, Lotus 1-2-3,XESS, Microsoft Exel(dikeluarkan oleh perangkat luanak Microsoft Corp dan paling banyak digunakan).
3.        Perangkat lunak presantasi (Data Base)
Contoh: Open Office Impress, Star Office Impress, Microsoft Power Point(dikeluarkan oleh perusahan perangkat lunak dan paling banyak digunakan).
4.        Perangkat Lunak Pengolah Grafis
Contoh: Open Office Impress, Star Office Impress, Microsoft Power Point(dikeluarkan oleh perusahan perangkat lunak dan paling banyak digunakan).
6.      Program Aplikasi
Elemen software ini menyediakan system aplikasi yang siap pakai dalam aplikasi tertentu.Contoh:Prinshop, Print Master.


Ø PERANGKAT OTAK/USER (BRAINWARE)
Brainware adalah pemakai komputeritu sendiri, pengendali(user). Brainware dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1.      Syestem Analisis        :adalah  suatu jabatan yang menangani tugas menganalisis,membentuk,merancang,membuat prosedure.
2.      Programer                  :adalah suatu jabatan yang tugasnya menyusun intruksi suatu program  aplikasi tertentu.
3.      Operator                    :adalah suatu jabatan yang tugasnya memasukkan data, menyimpan, dan mengeluarkan data sehingga data siap dipakai.
4.      Thechnical Suport     :bertugas mengendalikan dan memelihara software yang telah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar